Keahlian Bidang Minat (KBM) di Jurusan Fisika

Fisika Teori dan Komputasi

Bidang Keahlian Komputasi mempelajari tentang analisis gejala-gejala alam secara analitis serta menggunakan metode komputasi, mahasiswa juga diberi pengetahuan tambahan tentang sistem informasi mengunakan komputer. Dengan menggunakan sistem simulasi komputasi atau permodelan dapat dipelajari karakteristik bumi (tanah, laut, udara), berbagai material alam dan instrumentasi. Tujuan pendidikan bidang khusus Teori dan Komputasi, adalah menguatkan, memantapkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam wawasan ilmu fisika teoritis serta keterampilan profesional dalam bidang keahlian Komputasi dan Sistem Informasi, termasuk kemampuan dalam komunikasi ilmiah secara lisan dan tulisan, serta sikap yang mandiri. Setelah mahasiswa menyelesaikan program studinya, diharapkan sanggup mengembangkan sendiri kemampuan serta perannya dalam perkembangan keilmuan serta keahlian profesi baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun industri.

Kerjasama yang Ditawarkan:

  • Training serta pelatihan komputer dan jaringan
  • Pelatihan pemograman berbasis linux, windows
  • Pelatihan pemograman berbasis web
  • Pembuatan basis data berbasis stand alone dan jaringan
  • Pembuatan web server lokal dan sistem data base perkantoran
  • Permodelan komputasi dan simulasi data fisis

Fisika Instrumentasi dan Elektronika

Program Sarjana Fisika dengan Bidang Keahlian Instrumentasi dan Elektronika Unsyiah bertujuan untuk menghasilkan sarjana strata satu (Sarjana Sains dan Teknologi) yang mampu menganalisis, merancang, menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi instrumentasi dan elektronika secara profesional, untuk tujuan pendidikan, penelitian maupun aplikasi dibidang industri dan militer. Materi kuliah mencakup sejumlah bidang kajian, antara lain : sistem pengujian, sistem pengukuran, kalibrasi, akuasisi data, sistem kontrol , PLC, sistem distribusi instrumentasi (pengontrolan cuaca secara online), pengolahan sinyal, dan pengolahan citra (image processing), mikroprosesor dan mikrokontroller, teknik komunikasi, intrumentasi industri serta instrumentasi rekayasa biomedis.

Kerjasama yang Ditawarkan:

Untuk membantu pemerintah, swasta dan pihak-pihak terkait lainnya, serta untuk menambah pengalaman para staf dilapangan dibidang instrumentasi dan elektronika, selanjutnya KBM ini beserta D3 Inskom menawarkan bentuk kerjasama, berupa training, workshop, perancangan dan analisis kerusakan antara lain:

  • Training serta pelatihan mikroprosesor dan mikrokontroller
  • Kerjasama serta  penelitian instrumentasi industri
  • Perancangan sistem keamanan rumah tangga, perkantoran                                                                                           dan industri berbasis mikrokontroler menggunakan komunikasi ponsel dan telpon
  • Perancangan dan implementasi plan PLC bagi industri dan pengguna lainnya
  • Kerjasama dan penelitian sistem kontrol
  • Perbaikan serta analisis kerusakan peralatan-peralatan elektronik  masyarakat maupun industri   melalui bengkel instrumentasi dan elektronika

Agenda kedepan:
Berisi agenda KBM Instrumentasi dan Elektronika Fisika/serta D3 Instrumentasi dan Komputasi yang sedang berlangsung, dan akan berlangsung:
 

  • Tawaran  kerjasama 'Workshop'  dengan BPPT berupa PLC, dan Instrumentasi Industri, yang akan berlangsung pada Februari 2006
  • Pelatihan dan pengembangan staf perbengkelan (reparasi radio, ac, tv, komputer dan peralatan elekronik lainnya)  yang akan berlangsung pada Januari 2006

Fisika Material

Bidang Keahlian Material mempelajari fenomena dan sifat-sifat meterial,  antara lain, sifat elektronik, magnetik, optik, termal, dan mekanik. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya staf yang terus ditingkatkan, bidang keahlian ini juga mengembangkan penelitian bidang material konduktor, isolator, semikonduktor, superkonduktor, lapisan tipis(thin film), keramikpolimer, dan komposit, yang bertujuan untuk menguatkan, meningkatkan dan memantapkan kemampuan mahasiswa dalam bidang keahlian material, sehingga mahasiswa setelah menyelesaikan programnya sanggup mengembangkan sendiri kemampuan akademik serta perannya dalam perkembangan bidang keilmuan serta mengembangkan keahlian profesinya, baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun industri.

Bentuk Kerjasama yang Ditawarkan:

KBM Fisika material juga menawarkan bentuk-bentuk kerjasama dengan pihak-pihak terkait,  baik pemerintah, swasta dan lain-lain  antara lain:

  • Pengendalian korosi
  • Pengujian/karakterisasi bahan
  • Pengkajian bahan-bahan mineral (pasir magnetik, batuan dan lain-lain)

Optoelektronik dan Aplikasi Laser

Bidang Keahlian Optoelektronik dan Aplikasi Laser mempelajari tentang optik geometri, piranti optik, aplikasi laser dalam komunikasi optik, spektroskopi, sensor cahaya (Fotodioda, Foto-transistor, Foto-Darlington, Fototiristor, LED dan Laser Dioda). Dalam piranti optik dan optik geometri akan dipelajari hal-hal yang lebih spesifik pada sifat-sifat instrumen optik atau devais optik, dan pandu gelombang yang mengarah pada fiber optic, sebagai instrumen alternatif yang bekerja dengan kecepatan cahaya. Tujuan pendidikan Bidang Khusus ini adalah menguatkan dan memantapkan mahasiswa dalam bidang keahlian optoelektronik dan aplikasi laser, sehingga setelah menyelesaikan program sarjana, mampu mengembangkan sendiri kemampuan akademik dan berperan dalam perkembangan bidang keilmuan serta mengembangkan keahlian profesi, baik dalam bidang pendidikan penelitian maupun industri elektronika.

 Kerjasama yang Ditawarkan:

  • Identifikasi material dengan metode laser spektroskopi
  • Identifikasi viskositas cairan dengan metode optik
  • Kerjasama dan penelitian laser optik

Geofisika

Kelompok Bidang  Minat (KBM) Geofisika mengarah pada eksplorasi sumber daya alam dan mitigasi bencana alam berdasarkan pengukuran sifat-sifat fisika batuan. Pengukuran dengan metode geofisika, seperti geolistrik, seismik, elektromagnetik, magnetik dan gravitasi juga dipelajari disini. Beberapa contoh riset yang telah dan sedang dikerjakan oleh KBM ini, antara lain tentang: survei air tanah, survei geotermal di Sabang dan di Krueng Raya, serta penelitian pergeseran lempeng benua di kawasan Sumatra (khususnya Aceh). Tujuan pendidikan KBM ini adalah menguatkan dan memantapkan mahasiswa dalam bidang keahlian Geofisika, sehingga setelah menyelesaikan program sarjana, mampu mengembangkan sendiri kemampuan akademik dan berperan dalam perkembangan bidang keilmuan serta mengembangkan keahlian profesi, baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun industri Migas.

Kerjasama yang Ditawarkan:  

Dalam membantu  pemerintah, serta menigkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam hal peningkatan dan pemanfaatan sumber daya alam. KBM geofisika juga menawarkan kerjasama antara lain:

  • Pengukuran Geofisika, geotehnik,Training dan pelatihan  
  • Kerjasama penelitian dan pengukuran geofisika seperti; ground water, pencemaran lingkungan, deteksi pencemaran, rongga dan terowongan bawah tanah,
  • Penelitian dan sosialisasi mitigasi bencana alam seperti;  gempa bumi, tsunami, gunung api, tanah longsor, banjir dan lain-lain)
  • Kerjasama penelitian bidang material alam (mineral serta batuan)
 

LINK WEBSITE

Unsyiah
FMIPA
Dikti

Cari

 
>

SOSIAL

Kontak

Silahkan hubungi Kontak Jurusan Fisika. Kami buka pada setiap hari jam kerja
Alamat : Jalan Syech Abdurrauf No. 3, 23111 Darussalam-Banda Aceh ACEH-INDONESIA

Home

Profil

Penelitian

Pengabdian

Kerjasama