Profil Jurusan Fisika

Program Studi Sarjana (S1) Fisika Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) didirikan tahun 1989, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 10/Dikti/Kep/1989 tanggal 17 Februari 1989. Sejak tahun 1993, Program Studi Fisika berdiri di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 383/O/1993 Tanggal 22 Oktober 1993. Sejak pertama kali didirikan hingga sekarang, pengelola Program Studi Fisika terus bertekad untuk melakukan berbagai pengembangan program studi.

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam pengkajian dan pengembangan ilmu fisika yang berbasis potensi lokal di Asia Tenggara pada Tahun 2025.”

Catatan:

Propinsi Aceh merupakan wilayah yang kaya dengan sumber daya alam dan rawan dengan ancaman bencana alam. Sebagai satu-satunya program studi sarjana fisika yang ada di Aceh, PSF FMIPA Universitas Syiah Kuala memiliki tanggung jawab yang besar untuk melakukan pengkajian dan pengembangan potensi sumber daya alam tersebut untuk kesejahteraan umat manusia. Di samping itu, sebagai wilayah dengan keadaan geologis yang unik dalam kebencanaan, Aceh telah menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti dari dalam dan luar negeri. PSF merupakan tuan rumah di Propinsi Aceh, sehingga patut mengembangkan diri untuk menjadi CoE dalam pengkajian kebencanaan.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, dalam jangka tahun 2010 – 2025 Program Studi Fisika telah menetapkan Misi Program Studi sebagai berikut:

  1. Melakukan proses pembelajaran ilmu fisika yang berkualitas tinggi dan membuka akses pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat dengan memperhatikan asas pemerataan;
  2. Meningkatkan kualitas akademik melalui pembelajaran, penelitian, dan pengembangan ilmu, serta pengabdian masyarakat, sehingga menjadi rujukan dalam pengembangan ilmu fisika serta menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi;
  3. Mengembangkan penelitian-penelitianilmufisikaberbasispotensi sumber daya alam lokal dan nasional yang ramah lingkungan;
  4. Mengembangkan program kerjasama nasional, regional dan internasional;
  5. Memberi pelayanan ilmu dasar dan terapan kepada pengguna; dan
  6. Menyelenggarakan manajemen institusi yang mandiri, transparan, akuntabel.

Tujuan

Tujuan Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala adalah Fisika antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkanaksespadapendidikantinggisarjanafisika yang berkualitas.
  2. Menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki kompetensi akademik, kecakapan hidup, dan kepribadian tinggi yang mampu bersaing dalam era global.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta pengabdian berbasis potensi alam lokal, yang berkontribusi terhadap perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.
  4. Meningkatkan aktivitas dan publikasi ilmiah serta jumlah paten dan HAKI.
  5. Terbentuknya program studi yang mandiri, transparan, dan akuntabel.

Sasaran Dan Strategi Pencapaian

Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala adalah:

  1. Setiap lulusan Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Syiah Kuala memiliki kompetensi akademik, kecakapan hidup, dan kepribadian tinggi yang mampu bersaing dalam era global.
  2. Setiap civitas akademika (dosendanmahasiswa, berdasarkan UU Nomor 12 tahun 2012 tentangpendidikantinggi) Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Syiah Kuala mampu menghasilkan penelitian serta pengabdian berbasis potensi alam lokal yang dapat memberikan peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, paten, HAKI, dan kontribusi terhadap perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.
  3. Institusi Program Studi Fisika Fakultas  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala dikelola secara mandiri, transparan, dan akuntabel.

Strategi Pencapaian

Untuk mewujudkan sasaran tersebut di atas, Program Studi Fisika telah merancang Strategi Pencapaian dalam tiga (3) tahap yang sesuai dengan Rencana Induk  Pengembangan FMIPA 2010 – 2025, yaitu:

  1. Tahap I (2010 – 2015) untuk peningkatan kapasitas, modernisasi, dan Penguatan pelayanan.
  2. Tahap II (2015 – 2020) untuk penguatan daya saing regional.
  3. Tahap III (2020 – 2025) untuk penguatan daya saing internasional.

Strategi pencapaian yang dilakukan untuk peningkatan kapasitas, modernisasi, dan penguatan pelayanan pada tahap I (2010 – 2015) dijabarkan pada Tabel 1.1.

Tabel.1.1 Sasaran 2015 danrencanaStrategi 2010-2015 PSF

No.

Sasaran 2015

Rencana Strategi 2010 – 2015

1

Setiap lulusan Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Syiah Kuala memiliki kompetensi akademik, kecakapan hidup, dan kepribadian tinggi yang mampu bersaing dalam era global.

  • Peningkatan mutu layanan akademik terhadap mahasiswa.
  • Peningkatan daya tampung mahasiswa baru.
  • Peningkatan akses bagi siswa berprestasi dari daerah, luar Aceh, dan kalangan ekonomi lemah.
  • Peningkatan ketersediaan beasiswa.
  • Peningkatan prasarana.
  • Peningkatan suasana akademik.
  • Peningkatan kualitas dan daya saing lulusan.

2

Setiap civitas akademika Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Syiah Kuala mampu menghasilkan penelitian serta pengabdian berbasis potensi alam lokal yang dapat memberikan kontribusi terhadap perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.

  • Peningkatan penelitian, publikasi dan pengabdian dosen.
  • Peningkatan suasana akademik (kegiatan seminar rutin, kuliah tamu, pelatihan metode PBM, dll).
  • Peningkatan kualitas SDM.
  • Peningkatan kapasitas pendanaan.
  • Peningkatan kerjasama institusi.
  • Peningkatan prasarana.

3

 

 

 

 

Institusi Program Studi Fisika Fakultas  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala dikelola secara mandiri, transparan, dan akuntabel.

  • Pelaksanaan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan.
  • Peningkatan kapasitas pendanaan.
  • Peningkatan pencitraan publik.
  • Peningkatan kapasitas pengelolaan.
  • Peningkatan kerjasama institusi.

 

 

LINK WEBSITE

Unsyiah
FMIPA
Dikti

Cari

 
>

SOSIAL

Kontak

Silahkan hubungi Kontak Jurusan Fisika. Kami buka pada setiap hari jam kerja
Alamat : Jalan Syech Abdurrauf No. 3, 23111 Darussalam-Banda Aceh ACEH-INDONESIA

Home

Profil

Penelitian

Pengabdian

Kerjasama