Lompat ke isi utama
x

Program Studi (S2) Fisika

Program studi magister fisika, Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala menawarkan empat bidang minat, yang diberi nama Kelompok Bidang Minat (KBM) . Keempat KBM tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kelompok Bidang Minat Pengajaran Fisika
  2. Kelompok Bidang Minat Fisika Material
  3. Kelompok Bidang Minat Geofisika
  4. Kelompok Bidang Minat Optika

Setiap peserta program diwajibkan menyelesaikan sekurang-kurangnya 40 SKS, yang terdiri atas 22 SKS mata kuliah wajib, 12 SKS mata kuliah pilihan, dan 6 SKS thesis.

Visi

Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu fisika berbasis potensi lokal yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Magister Fiska yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, inovatif, serta berjiwa kewirausahaan. 
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi dalam bidang fisika yang berguna menunjang pembangunan nasional. 
  3. Berperan aktif dalam berbagai kegiatan dalam usaha pemanfaatan potensi lokal secara arif guna meningkatkan kesejahteraan manusia sebagai bagian integrasi dari masyarakat, pemerintah, kalangan industri, dan dunia usaha.

Kompetensi Prodi

  1. Mampu mengembangkan dan/atau memperdalam pengetahuan dan teknologi di dalam bidang ilmu fisika melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi fisika yang kompleks, melalui pendekatan inter- atau multidisiplin
  3. Mampu berkontribusi dalam merencanakan sebuah peta jalan riset dan mengelola riset yang hasilnya berpotensi untuk diaplikasikan dan layak dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang bereputasi.
  4. Mampu membentuk sikap dan prilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai
  5. Mampu memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan kehlian dalam berkarya

Capaian Pembelajaran

  1. Menguasai konsep-konsep, teori-teori, dan prinsip-prinsip fisika lanjut klasik dan modern.
  2. Menguasai teori, konsep serta gejala fisika yang dapat diaplikasikan dalam pengembangan teknologi.
  3. Mampu mengembangkan IPTEK terkait gejala dan masalah fisis melalui analisis dan sintesis hasil riset.
  4. Mampu mengembangkan model matematis atau fisis dengan pendekatan interdisiplin untuk memecahkan permasalahan IPTEK terkait dengan Fisika.
  5. Mampu mengelola riset dan mengembangkan keilmuan fisika dan aplikasinya untuk menghasilkan model, metode, teori yang teruji dan inovatif, serta mempublikasikannya pada forum atau jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan seminar internasional.

Data Prodi

Nama Program Studi : Magister Fisika
Alamat                       : Jln. Syech Abdul Rauf, Darussalam, Banda Aceh
Kode Pos                   : 23111
Nomor Telepon          : 082166707079
Alamat Email             : magisterfisika@fmipa.unsyiah.ac.id
Gelar yang Diberikan: M.Si