Berita Jurusan Fisika

Toet Beude Trieng, Lomba Saintis Menjaga Tradisi

Oleh : Novita Sary

(Foto: Maya Andina|Mahasiswa Fisika Angkatan 2015/Perlombaan Meriam Bambu/Kamis, 23 November 2017)

Novita Sary Saputri| Mahasiswa Fisika FMIPA Unsyiah Angkatan 2015
Darussalam- Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafis) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan perlombaan meriam bambu atau yang biasa disebut Toet Beude Trieng. Kegiatan ini diikuti sebanyak 3 tim yang berasal dari gampong Lamgawe, Lambiheu Siem, dan tim dari Mahasiswa Statistika FMIPA Unsyiah. Kegiatan ini berlangsung di samping jembatan Lamnyong. 
Lomba meriam bambu adalah salah satu lomba yang diadakan dalam rangkaian acara Physics Complex and Open House (PCOH) dan menjadi agenda utama dalam PCOH. “Perlombaan ini dipilih karena selain menjaga tradisi masyarakat Aceh pada masa dahulu, meriam bambu juga menerapkan beberapa prinsip sains sehingga hal inilah yang menjadikan meriam bambu sebagai agenda utama dalam PCOH,” jelas Ennita Riana, ketua panitia PCOH. 
“Prinsip permainan meriam bambu sendiri adalah dengan melubangi setiap ruas bambu atau yang biasa disebut ateut dan membiarkan salah satu ujungnya tetap tertutup, kemudian dilubangi bagian atas badan bambu yang berfungsi sebagai tempat menuang minyak tanah dan meniup asap keluar dari bambu, setelah minyak tanas yang di dalam lubang cukup panas serta asap telah tertiup keluar, minyak tanah diberikan api untuk menimbulkan suara ledakan,” jelas Djaka Sriawan, salah satu peserta dari tim mahasiswa Statistika Unsyiah  Kamis, 23 November 2017.
Adapun yang dinilai dari setiap tim adalah adalah kuat bunyi, keserasian, dan kekompakan. “Kami berharap agar lomba ini dapat diadakan tahun depan, karena ini menjaga tradisi zaman dahulu,” jelas Muhammad Reza salah satu anggota tim dari Lamgawe. Pengumuman lomba akan dilakukan pada hari Jumat pada acara Closing Ceremony mendatang. []

 
 

LINK WEBSITE

Unsyiah
FMIPA
Dikti

Cari

 
>

SOSIAL

Kontak

Silahkan hubungi Kontak Jurusan Fisika. Kami buka pada setiap hari jam kerja
Alamat : Jalan Syech Abdurrauf No. 3, 23111 Darussalam-Banda Aceh ACEH-INDONESIA

Home

Profil

Penelitian

Pengabdian

Kerjasama