Berita Jurusan Fisika

Seurune Kalee dan Rapai, Pembukaan PCOH IV Berlangsung Meriah

Oleh : Novita Sary

Nadiya Fazillah, Darussalam – Rangkaian acara Physics Complex and Open House (PCOH) ke IV yang dibuat oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFIS) dan jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) berlangsung dengan meriah. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III FMIPA Unsyiah Dr. rer. nat. Ilham Maulana S.Si. Acara yang berlangsung dari 24-27 September 2018 ini bertempat di Gelanggang Mahasiswa Unsyiah.

Pembukaan acara berlangsung dengan sangat meriah, diiringi dengan Rapai dan Seurune Kalee, membuat pembukaan tampak lebih menarik. Penampilan Seurune Kalee dan Rapai ini dibawakan oleh sanggar seni Geulumbang HIMAFIS, Seuruna Kale dibawakan oleh Teuku Muhammad Firli, mahasiswa fisika angkatan 2017 dan Rapai dibawakan oleh Furqan, mahasiswa Fisika angkatan 2018.

Menurut Firli, pembukaan dengan Rapai dan Seurune Kalee ini tentu membuat acara pembukaan tampak lebih menarik. Menurutnya, rapai memang biasanya diiringi dengan seurune kalee, dengan latihan yang hanya satu malam saja, penampilannya sukses membuat penonton terpukau.

“Kami latihannya baru tadi malam, tetapi sudah biasa sering bermain juga, karena di HIMAFIS sendiri memiliki sanggar seni yang bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengasah kreativitas dalam seni,” jelas Firli.

Lebih lanjut, Ilham Maulana yang membuka acara mengatakan, fisika merupakan salah satu mata kuliah yang paling dibenci dalam ilmu eksak. Maka dari itu, ini merupakan tantangan bagi orang-orang eksak untuk menarik perhatian masyarakat. Salah satunya ialah, melalui acara ini.

“Fisika itu merupakan salah satu mata kuliah yang paling dibenci, ini merupakan tantangan bagi orang-orang eksak bagaimana menarik perhatian masyarakat agar lebih tertarik dalam ilmu eksak, acara PCOH IV ini merupakan salah satu caranya.” Jelas Ilham Maulana.

Setelah membuka acara, Wakil Dekan III FMIPA beserta para undangan mengunjungi stand Kelompok Bidang Minat (KBM). Dalam rangkaian PCOH IV ini juga diramaikan dengan expo serta pameran alat-alat laboratorium yang tersedia di Jurusan Fisika, dimulai dari stand Optik, Fisika Medis, Geofisika, Material, hingga Elektronika dan Instrumentasi. []

 
 

LINK WEBSITE

Unsyiah
FMIPA
Dikti

Cari

 
>

SOSIAL

Kontak

Silahkan hubungi Kontak Jurusan Fisika. Kami buka pada setiap hari jam kerja
Alamat : Jalan Syech Abdurrauf No. 3, 23111 Darussalam-Banda Aceh ACEH-INDONESIA

Home

Profil

Penelitian

Pengabdian

Kerjasama